Archive for Juli, 2012

h1

Internet dengan handphone/smartphone

21 Juli 2012

Untuk pengguna handphone/smartphone baik itu nokia, samsung, blackberry, iphone, hp china, dll sudah tak asing lagi dengan istilah intenet mobile. Yang artinya akses internet menggunakan perangkat mobile (handphone/smartphone). Umumnya internet mobile ini dipakai untuk akses chatting seperti ym (yahoo messenger), gtalk (google talk), facebook, twitter, dll. Sedang untuk browsing halaman web dibutuhkan jaringan yang lebih cepat.

Yang akan saya bahas disini mengenai beda settingan sinyal jaringan internet yang umumnya ada pada menu settingan di smartphone. Diantaranya :
A. 2G atau GSM
B. 3G atau WCDMA
C. Auto 2G/3G atau Auto GSM/WCDMA

Jadi apa bedanya ketiga settingan itu?
Rupanya selama ini banyak pengguna yang tidak tau itu fungsinya untuk apa dan rata2 yang aktif defaultnya ke Auto (C)

Oke. Biar jelas apa beda itu masing2 kita akan kupas satu per satu disini. Sebenarnya masing2 ada kelebihan dan kekurangannya, makanya dibedakan.

A. 2G atau GSM (sinyal++, internet–, batere+, harga+)
Untuk ponsel tipe lama umumnya menggunakan settingan ini (karena dulu 3G masih belum dikenal atau jaringannya masih sangat minim). Kalo untuk yg satu ini sinyalnya lumayan kuat terjangkau. Tapi kalo utk pakai internet yg 2g ini sangatlah lambat karena speed internet yang didapat hanya berupe Edge (max 236kbps) atau Gprs (max 115kbps). Jadi kecepatannya kira2 5- 15KB/dtk sangat lambat. Paling bisa dipakai buat chatting saja berupa teks. Karena sinyal kuat dan internet tidak begitu cepat aksesnya, dr segi batere bisa lebih hemat. Dan biaya utk paket internet tipe ini biasanya lebih murah.

B. 3G atau WCDMA (sinyal–, internet++, batere-, harga-)
Untuk ponsel smartphone yg baru rata2 sudah mendukung fasilitas ini. Dan dari segi sinyal utk jaringan 3G masih terbatas jadi mungkin kadang2 gak dapat untuk jaringan ini. Tapi kalo dapat sinyal utk jaringan ini maka akses internet akan dapat pula kecepatan yang 3G (max 384kbps) atau HSDPA/3.5G(max 3.6mbps ada yg bisa capai 7.2mbps tp jarang). Kecepatannya sekitar 30-100KB/dtk. Ini bisa dipake buat browsing, streaming, download lebih puas. Namun karena akses internet cepat maka juga batere akan boros. Kalo dr segi biaya biasanya paket ini akan lebih mahal.

C. Auto 2G/3G atau Auto GSM/WCDMA (sinyal+-, internet+-, batere–, harga+-)
Kalo model yg satu ini sebenarnya gabungan dari A dan B. Namun ini bisa menyebabkan pemborosan batere, karena dia akan otomatia setiap saat mengecek sinyal mana yang lebih kuat, bisa jadi dapat 2G atau 3G dan sebaliknya. Sedang internetnya ya bisa cepat kalo dapat 3g dan lambat kklo cuma dapat 2g. Sedang dari segi biaya tergantung paket yg dipakai apa hanya yg 2g atau 3g.

Jadi kesimpulannya :
– Jika hanya dipakai utk telepon tanpa perlu internet(data) sebaiknya ubah saja ke pilihan 2G/GSM supaya sinyal lebih kuat dan tidak terlalu boros batere.
– Jika perlu akses internet yg cepat, pastikan sinyal 3g bisa dapat dan aktifkan pilihan 3G/WCDMA.
– Pilihan Auto hanya dipakai bila diperlukan. Dan pastikan sinyal tetap ada, jangan sampai gara2 auto jadi boros batere.

Ok..sekian dulu.. Semoga dengan informasi ini bisa membantu anda dalam menentukan pilihan Internet mobile Anda..

Posted from WordPress for Android

h1

Secangkir kopi

4 Juli 2012

Dah lama juga gak pernah post disini lagi. Kali ini saya post dr hp android gue yang kebetulan ada aplikasi wordpress for android jadi gampang kapan saja mau posting bisa asalkan online internet pake wifi atau 3g.

Ok. Kembali ke laptop (kayak gaya si tukul). Kalo dengar dari judul diatas, Secangkir Kopi pasti teringat aroma kopi panas yang nikmat. Sudah jadi kebiasaan kalo bagi para karyawan yang dikantor setiap harinya pasti disajikan secangkir kopi untuk menemani kerjanya.

Kalo dari kantor ada sponsor kopi sudah pasti kopi yang dibeli umumnya kopi bubuk yang ditubruk sendiri. Namun kalo kantor yang air minum aja harus bawa sendiri jangan berharap disediakan kopi. Untuk minum sendiri kalo beli kopi bubuk sepertinya jadi kerjaan dan kurang efisien. Makanya kalo kita ke supermarket atau minimarket disitu ada dijual kopi instan sachet. Merek bervariasi dari nescafe, indocafe, kapal api, torabika, dll. Bahkan warung kopi sekarang pun dah banyak yang sediakan kopi instan ini.

Untuk rasa yg diperoleh dari kopi bubuk dan instan sudah pasti berbeda. Masing2 ada kelebihan dan kekurangannya. Tapi masing2 juga bisa dibuat sesuai selera dengan menambahkan susu kental manis supaya lebih nikmat lagi. Rata2 kopi instan porsinya berbeda2 jadi harus ditaksirkan berapa banyak air yg dipakai. Kalo terlalu banyak airnya kadang2 kurang manis dan tidak terasa kopinya.

Jadi kesimpulannya baik kopi bubuk dan instan sebenarnya rasanya hampir sama. Tinggal cara pengolahannya, kalo kurang kopinya tambah lagi, kurang manis boleh tambah susu kental.

Kalo dari manfaat ya sekedar membantu menjaga supaya tidak ngantuk. Cuma sekedar saran paling banyak konsumsi 2 gelas per hari saja. Kalo diatas itu nanti malah gak bisa tidur akibat cafein kopinya. Trus juga jangan terlalu manis tar kena kencing manis pula akibat gula berlebih.

Selamat menikmati Secangkir Kopi!

image